Powered By Blogger

Welcome

selamat datang di blog yng menurut saya baguss .. :)

pLeasE eNjoY..

Perhatikan keadaan alam di lingkunganmu yang meliputi hujan, mendung, panas terik, dan angin. Keadaan alam yang meliputi hal-hal tersebut dan mudah berubah dari waktu ke waktu disebut cuaca.
Perubahan lingkungan dapat di pengaruhi oleh angin, hujan, matahari, dan gel. Laut. Bagian alam atau lingkungan yang paling terpengaruh adalah permukaan bumi. Permukaan bumi meliputi daratan dan perairan, serta makhluk hidup yang tinggal di sana.
Mari kita lihat faktor faktor tersebut
A. PENGARUH ANGIN
Angin adalah udara yang bergerak. Embusan angin dapat dengan mudah kamu rasakan. Angin bertiup sepoi sepoi membuat kesejukan.
Perubahan yang tiba tiba biasanya akibat angin bertiup sangat kuat. Akibatnya, perubahan yang terjadi biasanya merugikan
1. Terjadinya angin darat dan angin laut
Pada malam hari suhu di daratan vepat turun dari pada di laut. Oleh karena itu,tekanan udara diatas permukaan laut lebih rendah dari pada di daratan. Akibatnya, terjadilah embusan angin dari darat ke laut yang disebut angin darat.
Angin darat mulai terjadi pada malam hari sekitar pukul 9 malam. Embusan angin darat paling kuat terjadi pada waktu marahari terbit
Pada siang hari suhu di daratan lebih cepat naik dari pada suhu di laut. Tekanan udara diatas daratan lebih rendah dari pada tekanan udara di atas lautan. Akibatnya, terjadilah angi yang berhembus dari laut ke daratan yang disebut angin laut.
Angin laut mulai terjadi pada siang hari sekitar pukul 9 pagi. Makin siang angin makin kuat. Embusan angin laut paling kuat terjadi kira kira pukul 3 sore.
Angin darat dan angin laut di manfaatkan para nelayan untuk berlayar mencari ikan di laut. Pada malam hari para nelayan berlayar menggunakan perahunya ke tengah laut. Mereka memanfaatkan angin darat untuk perahu layar ke tengah laut. Dan siangnya kembali dengan memanfaatkan angin laut
..angin darat dan angin laut terjadi karena perbedaan suhu udara di darat dan di laut..

2. Pengaruh angin yang merugiakan
Angin yang amat kencang dan terus menerus dapat mengikis dan permukaa tanah. Pengikisan tanah oleh angin di sebut korosi.
Angin yang amat kuat dan kencang dapat menumbangkan pepohonan dan pembangunan. Akibatnya korban manusia dan hewan dapat berjatuhan
Di berbagai negara lain angin kencang juga. Contohnya di Amerika Serikat misalnya angin tornado. Pusaran angin ini menarik semua benda dan makhlik hidup yang ada di dekatnya. Kemudian, semuanya si lemparkan kembali
3. Pengaruh angin yang menguntungkan
Tidak selalu angin bertip'kencang mengakibatkan kerugian. Di daerah yang anginnya kencang banyak terdapat kincir angin. Putaran kincir angin memutar turbin pada generator yang dimanfaatkan untuk listrik rumah tangga.
..angin dapat menguntungkan dan merugikan kita..

B. Pengaruh hujan
tahukah kamu bahwa hujan memberi berbagai pengaruh bagi kehidupan kita. Huajan memberi keuntungan bagi tanaman pertanian yang butuh banyak air, misalnya padi yang baru di tanam. Hujan membuat udara menjadi lebih segar. Air hujan juga dapat melarutkan kotoran si udara sehinggaudara menjadi bersih. Hal ini juga menunjukkan air hujan sesungguhnya tidak bersih. Oleh karena itu, kamus ebaiknya tidak sering hujan hujan.
Tetapi hujan yang terus menurus juga dapat merugikan yaitu dengan adanay korosi, banjir, dan lain lain. Korosi adalah pengikisan tanah akibat terjangan air.
..hujan membuat uadara menjadi bersih, hujan deras dapat mengakibat banjir, erosi dan tanah lingsor..

C. PENGARUH MATAHARI
Jika tak ada energi panas dari matahari, bumi kita akan selalu beku seperti es. Tidak ada tumbuhan yang dapat hidup di es. Jika tidak ada tumbuhan, hewan dan manusia tidak dapat hidup. Hewn manusia dan tumbuhan secara langsung atau tak langsung saling ketergantungan.
Tapi panas matahari juga dapat membawa bencana yaitu kebakan huatan. Kebakaran hutan yang tidak diatasi dapat merusak ekosistem. Karena hutan merupakan ekosistim terbesar. Di hutan berbagai jenis hewan dan tumbuhan hidup di sana.
..matahari memberikan cahaya dan panas bagi kehidupan di bumi..

0 komentar: